7 Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari

Air putih merupakan salah satu kebutuhan utama bagi manusia. Fakta menunjukkan bahwa seluruh organ tubuh manusia membutuhkan cairan atau air dalam jumlah yang cukup untuk menunjang berbagai aktivitas yang dilakukan. Bahkan 80% dari tubuh manusia terdiri dari air. Sehingga sungguh tak terbayangkan, apabila tubuh manusia kekurangan cairan atau air putih dalam jangka waktu relatif lama. Haus menjadi salah satu respon tubuh manusia yang menunjukkan kebutuhan akan asupan cairan dengan segera.

Idealnya tubuh manusia membutuhkan rata-rata 8 (delapan) gelas air putih tiap harinya. Takaran ini diperhitungkan dari banyaknya aktivitas yang dilakukan oleh tubuh manusia, yang pastinya akan menguras tenaga dan cairan yang berada di dalam tubuh. Jika kebutuhan air putih tidak terpenuhi, maka akan mengakibatkan seseorang menjadi lebih cepat lelah sehingga menjadi kurang produktif.

Beberapa studi medis menyatakan bahwa waktu terbaik untuk mulai mencukupi kebutuhan air putih yaitu di pagi hari.
Hal ini cukup logis, karena di saat pagi hari tubuh manusia sangat membutuhkan persediaan cairan yang cukup untuk aktivitas berikutnya. Pagi hari setelah bangun dari tidur merupakan waktu yang paling tepat untuk mulai minum air putih tersebut. Untuk itulah, tips kesehatan kali ini akan mengulas beberapa manfaat minum air putih bagi tubuh manusia yang rutin dilakukan pada pagi hari.

Berikut 7 manfaat minum air putih di pagi hari :
  1. Selalu Tampak Awet Muda. Minum air putih di pagi hari terbukti sangat efektif membuang serta membersihkan racun di dalam darah melalui keringat dan urine. Sehingga tubuh akan lebih sehat dan tampak segar sepanjang hari. Dengan kondisi tubuh sehat dan segar, tentunya penampilan pun menjadi tampak awet muda.
  2. Menunjang Peremajaan Otot dan Sel-sel Darah. Minum air putih di pagi hari juga sangat  bermanfaat untuk memperbaharui organ otot serta sel-sel darah di tubuh manusia.
  3. Menyeimbangkan Sistem Getah Bening. Pada saat sistem getah bening dapat bekerja optimal, maka tubuh akan memiliki daya tahan yang lebih baik untuk mampu melawan infeksi maupun penyakit yang dapat menganggu kualitas kesehatan tubuh manusia.
  4. Mengontrol Berat Badan Tubuh. Bagi anda yang ingin mendapatkan berat badan yang ideal dan proporsional, maka mulailah membiasakan minum air putih di pagi hari.
  5. Menjadikan Usus Besar yang Sehat. Usus besar menjadi salah satu organ di sistem pencernaan kita. Dengan rutin minum air putih di pagi hari, akan berdampak positif bagi kesehatan usus besar manusia, karena akan memperlancar penyerapan nutrisi makanan.
  6. Miliki Organ Ginjal yang Lebih Sehat. Membiasakan minum air putih di pagi hari dapat membantu meringankan kerja organ ginjal yang sekaligus dapat menjaga kesehatan organ ginjal tersebut.
  7. Memperlancar Buang Air Besar. Bagi seseorang yang mengalami sembelit atau susah air besar di pagi hari, maka sebaiknya minum air putih saat bangun tidur yang mana bertujuan untuk membantu melancarkan buang air besar tersebut.
Demikianlah uraian tips kesehatan tentang 7 manfaat minum air putih di pagi hari. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi para pembaca. Selalu update informasi kesehatan di sini.

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Post

Diberdayakan oleh Blogger.