Tips Meningkatkan Sistem Imun Pada Tubuh


Sistem imun atau daya tahan tubuh manusia mempunyai peran yang sangat penting bagi kesehatan. Sistem imun seringkali digambarkan sebagai perisai pada tubuh manusia dari berbagai kuman, virus, bakteri serta perubahan musim yang dapat mendatangkan penyakit. Kondisi sistem imun itu sendiripun dapat mengalami penurunan, tidak selamanya bisa stabil. Banyak hal yang mempengaruhi kondisi sistem imun tersebut, diantaranya pertambahan umur, pola makan, gaya hidup, dan lain sebagainya.

Saat kita terserang flu atau batuk, dapat diartikan sebagai suatu tanda bahwa kondisi sistem imun kita sedang mengalami penurunan. Berbagai jenis penyakit menular yang berbahaya akan mudah menyerang tubuh kita, jika sistem imun yang sedang menurun tersebut, kita biarkan berlarut-larut. Maka, diperlukan suatu usaha untuk meningkatkan sistem imun pada tubuh manusia tersebut.

Berikut adalah beberapa tips kesehatan untuk meningkatkan sistem imun pada tubuh kita :
  1. Istirahat dengan tidur yang cukup. Tidur berfungsi untuk mengistirahatkan tubuh. Dalam hal ini, usahakan untuk melakukan secara rutin aktivitas tidur selama kurang lebih 7 hingga 8 jam setiap harinya. Walaupun ada pula yang berpendapat, bahwa yang penting adalah kualitas tidur, bukan kuantitasnya. Namun, rata-rata tubuh manusia memerlukan waktu tidur yang cukup. Sebab selama tidur itulah, tubuh manusia mampu memperbaiki sel-sel yang rusak, sehingga berpengaruh langsung terhadap kondisi sistem imun tersebut.
  2. Olahraga dengan teratur. Dengan berolahraga, tubuh dilatih untuk meningkatkan daya tahannya. Apabila tubuh kita sehat, otomatis kondisi sistem imun dalam tubuh juga akan terjaga dengan baik. 
  3. Pola makan sehat. Seringkali penyakit yang terjadi pada tubuh manusia adalah disebabkan oleh pola makan yang tidak teratur, terlalu banyak makan junk food, dll. Untuk itu, dengan memperbaiki pola makan kita, akan menjadi faktor yang berpengaruh signifikan bagi peningkatan sistem imun. Mulailah mengatur jadwal makan kita, serta banyak mengkonsumsi aneka sayuran serta buah-buahan yang banyak mengandung vitamin, mineral dan berbagai zat antioksidan yang baik bagi tubuh.
  4. Hentikan berbagai kebiasaan buruk. Beberapa kebiasaan buruk yang sering kita lakukan seperti merokok, minuman beralkohol, serta begadang hingga larut malam mempunyai pengaruh yang nyata bagi sistem imun kita. Sehingga, mulailah mengurangi kebiasaan tersebut dengan mengalihkannya pada kegiatan yang lebih positif.
  5. Hadapi stres. Berbagai masalah yang sering muncul dalam kehidupan manusia, dapat berdampak stres. Sebagai wujud gangguan psikis, stres juga mengakibatkan penurunan pada sistem imun manusia. Apabila stres melanda kita, tidak ada jalan lain kecuali menghadapinya. Hal yang bisa kita lakukan adalah dengan tertawa atau tersenyum lebar, selalu berpikir positif serta beribadah kepada Tuhan. Hal-hal tersebut dapat berfungsi mengurangi tingkat stres yang mampu menimbulkan efek peningkatan terhadap sistem imun tubuh tanpa kita sadari.
Demikianlah beberapa tips kesehatan bagaimana meningkatkan sistem imun pada tubuh kita. Semoga dapat bermanfaat dan berguna bagi pembaca yang selalu ingin Update Info Kesehatan.

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Post

Diberdayakan oleh Blogger.